5000 resep

Bosan masak ikan yang itu-itu saja?
Daftar sekarang dan dapatkan ebook
30 Resep Kreatif Mengolah Ikan
berisi resep terpilih dari event Mari Mengolah Ikan!

Unduh Gratis!

 
 

Gado - Gado Surabaya

dari dapurmasaknya Eka Puspitasari

Cerita di balik resep ini:

Ini adalah makanan kesukaan suami... Gado-gado Surabaya ini beda ama gado-gado di daerahku (Banjarmasin). Kalo Gado-Gado Banjar bumbunya diulek, sedangkan Gado-Gado Surabaya ini bumbunya dimasak. Dari segi pernak-perniknya juga beda, gado-gado Surabaya lebih komplit, gurih dan manis. Suamiku bilang, gado-gado ini uueeeennnaaaakkk.. se-enak gado-gado langganannya di Surabaya ! wink Wanna try?

Resep Gado - Gado Surabaya

 Porsi: 10 orang

 Waktu Masak: 30 menit

 Bahan-Bahan

  • Lontong5 buah
  • Kecambah100 gram
  • Kol Putih (Kubis Bunga Putih)100 gram
  • Timun2 buah
  • Kentang3 buah
  • Telur Ayam5 buah
  • Daun Seladasecukupnya
  • Tempesecukupnya
  • Tahusecukupnya
  • Bawang Putih8 siung
  • Cabe Merah10 buah
  • Kacang Tanah100 gram
  • Santan100 ml
  • Tepung Beras2 sendok makan
  • Gula Merahsecukupnya
  • Garamsecukupnya
  • Asam Jawasecukupnya

 Langkah Masak

Langkah 1

Kacang diblender dan kemudian di campur dengan santan , aduk2 sampai rata, rebus.

Langkah 2

tumis bumbu halus sampe wangi dan matang, masukan ke dalam rebusan saus..tambahkan air asam, gula merah dan garam, icip2 sampe rasanya pas... smile

Langkah 3

Rebus terus saus dengan api kecil sambil sering diaduk samapi matang (tanda matang , bumbu saos sedikit berminyak & berkurang volumenya)
kalo suka..agak kental bisa masukin larutan tepung beras (sedikit sbg pengental).


Langkah 4

Aduk terus sampe kental dan meletup2 dan angkat.

Langkah 5

Tata lontong, sayuran dan potongan tahu tempe goreng, kemudian siram dengan saos kacang. Sajikan wink

 3 orang telah me-recook resep ini!

 Berikan komentarmu!

Anda harus Login untuk bertanya atau memberikan komentar

  • Evy Cynk Raihan
     
    komentar dari Evy Cynk Raihan , pada 21 June, 2013

    itu cabe merahe di hlauskan dulu baru ditumis ya

    • Eka Puspitasari
       
      komentar dari Eka Puspitasaripembuat resep, pada 23 July, 2013

      maaf mbak... lama gak buka DapurMasak... hehe.. jadi baru dijawab sekarang. Yang dihaluskan itu bawang putih + cabe merah, kemudian baru ditumis wink

  • Bong Fung Moi
     
    komentar dari Bong Fung Moi , pada 12 June, 2013

    wah enak banget sepertinya nih

  • Mas'udah Abdurrahman
     
    komentar dari Mas'udah Abdurrahman , pada 4 January, 2013

    salam kenal. Mbak itu kacangnya di goreng dulu nggak?

    • arlyn
       
      komentar dari arlyn, pada 7 January, 2013

      iya digoreng dulu.......

    • Eka Puspitasari
       
      komentar dari Eka Puspitasaripembuat resep, pada 9 January, 2013

      maaf mbk baru bales...iyya...digoreng dulu smile , petunjuknya kurang jelas ya, hehe.. maaf... smile

    • Eka Puspitasari
       
      komentar dari Eka Puspitasaripembuat resep, pada 9 January, 2013

      upss...maksud saya di- Sangrai mbak...bukan digoreng pake minyak... grin

    • Eka Puspitasari
       
      komentar dari Eka Puspitasaripembuat resep, pada 9 January, 2013

      upss...maksud saya di- Sangrai mbak...bukan digoreng pake minyak... grin

  • Soetrisno Misawa
     
    komentar dari Soetrisno Misawa , pada 2 January, 2013

    Wah baru tahu ada gado2 dengan bahan santan dan asem jawa !! Pengen coba nih

    • Eka Puspitasari
       
      komentar dari Eka Puspitasaripembuat resep, pada 2 January, 2013

      iya..rasanya tambah gurih karna pake santan... Oia, yang saya maksud air asem jawa yaa...bukan asem jawa utuh yang dicemplungin smile ,let's try

  • arlyn
     
    komentar dari arlyn , pada 2 January, 2013

    love so much with Gado-gado !!!
    baru tau bumbu+cara bikinya mudah bgt!!!
    i'll try next time.... LOL

    • Eka Puspitasari
       
      komentar dari Eka Puspitasaripembuat resep, pada 2 January, 2013

      iya mbak...gampang...enak pula! wink kalo bikin sendiri bisa makan sepuasnya tuch... hehe.

    • Widya R Mulyana
       
      komentar dari Widya R Mulyana, pada 19 August, 2013

      Maaf. Tahu tempenya diapakan? Kok gak dijelaskan.

    • Eka Puspitasari
       
      komentar dari Eka Puspitasaripembuat resep, pada 20 August, 2013

      oh iya, maaf... Tahu Tempe nya digoreng dulu mbak... Kemudian dipotong-potong dan ditata di piring bersama lontong dan sayuran lainnya. Setelah itu baru disiram saos kacang smile

 
Rekomendasi Resep