5000 resep

Bosan masak ikan yang itu-itu saja?
Daftar sekarang dan dapatkan ebook
30 Resep Kreatif Mengolah Ikan
berisi resep terpilih dari event Mari Mengolah Ikan!

Unduh Gratis!
 
 

rendang jengkol

dari dapurmasaknya Sally S Soeriawidjaja

Cerita di balik resep ini:

makanan yang sering di hina tapi paling banyak di cari orang terutama bagi yang berdarah sunda seperti saya tongue wink

Resep rendang jengkol

 Porsi: 10 orang

 Waktu Masak: 20 menit

 Bahan-Bahan

  • Jengkol20 buah
  • Cabai (Cabe) Merah6 buah
  • Bawang Merah6 buah
  • Bawang Putih4 siung
  • Tomat1 buah
  • Cabai (Cabe) Rawit Hijau10 biji
  • Terasi1 sendok teh
  • Garam1 sendok teh
  • Gula Pasir1 sendok teh
  • Gula Merah1 lempeng
  • Penyedap Rasa (MSG)secukupnya
  • Daun Salam1 lembar
  • Minyak Gorengsecukupnya
  • Airsecukupnya

 Langkah Masak

Langkah 1

Cuci bersih jengkol, kemudian rendam dalam air selama 2 - 3 hari ( ganti terus menerus air rendaman secara berkala ) untuk mengurangi bau dan getah nya

Langkah 2

Buang kulit pembungkusnya, di geprek menggunakan ulekan hingga pipih, sisihkan

Langkah 3

Haluskan ( blender ) semua bumbu, sisihkan


Langkah 4

Siapkan presto, masukkan minyak goreng untuk menumis, panaskan minyak, masukkan bumbu yang telah di haluskan tadi

Langkah 5

Tumis hingga harum, masukkan daun salam, garam, gula merah, gula pasir, penyedap rasa dan terasi, aduk hingga rata

Langkah 6

Masukkan jengkol, aduk sebentar hingga rata, tutup presto, masak hingga mengeluarkan bunyi ( masak kurang lebih 15 menit )


Langkah 7

tips : semakin lama memasak jengkol akan semakin empuk jadi tergantung sesuai selera anda

Langkah 8

tips : dapat dimasak tanpa menggunakan presto, akan tetapi akan memakan waktu yang agak lebih lama

 4 orang telah me-recook resep ini!

 Berikan komentarmu!

Anda harus Login untuk bertanya atau memberikan komentar

  • Sadiasku Elonia
     
    komentar dari Sadiasku Elonia , pada 21 June, 2013

    wak kalau aq mah terima aja deh, mau kaya apa kek bumbu n hasilnya, yang penting enak mbk, masalahnya emang aq gak bisa masak gitu, mksh resepnya mbk. Salam kenal buat semua

    • Soegianto Widjaya
       
      komentar dari Soegianto Widjaya, pada 21 June, 2013

      tenang aja elonia, disini semua belajar memasak bareng koq, dengan berbagi pasti bisa deh *pengalaman*

  • Shepty Poetri Ericha Nugroho
     
    komentar dari Shepty Poetri Ericha Nugroho , pada 11 March, 2013

    jadi kepengen...

  • Shepty Poetri Ericha Nugroho
     
    komentar dari Shepty Poetri Ericha Nugroho , pada 11 March, 2013

    jadi kepengen...

  • Dessy Pratiwi
     
    komentar dari Dessy Pratiwi , pada 9 January, 2013

    Klo rendang kok gk pake santan ya mbak?...

    • Sally S Soeriawidjaja
       
      komentar dari Sally S Soeriawidjajapembuat resep, pada 11 January, 2013

      harusnya pake hi hi hi....berhubung persediaan nya lg habis jd asal jadi aja.....

    • Siswaty Elfin Bachtiar
       
      komentar dari Siswaty Elfin Bachtiar, pada 14 January, 2013

      betul-betul. yang namanya rendang tuh definisinya: daging yang diberi bumbu merah. nah bumbu merah tuh maksudnya cabe merah dan teman2nya he he......

    • Siswaty Elfin Bachtiar
       
      komentar dari Siswaty Elfin Bachtiar, pada 14 January, 2013

      ini namanya semur mbak, cuma dipakein cabe rawit, tapi saya suka resep masakan mbak sally, saya mau bikin ah, hanya kuahnya gak banjir gitu ah....

  • Dessy Pratiwi
     
    komentar dari Dessy Pratiwi , pada 8 January, 2013

    ini bukannya semur ya mbk?

    • Sally S Soeriawidjaja
       
      komentar dari Sally S Soeriawidjajapembuat resep, pada 8 January, 2013

      kalau semur pakai kecap.....smile

 
Rekomendasi Resep