5000 resep

Bosan masak ikan yang itu-itu saja?
Daftar sekarang dan dapatkan ebook
30 Resep Kreatif Mengolah Ikan
berisi resep terpilih dari event Mari Mengolah Ikan!

Unduh Gratis!
 
 

MOCI SUKABUMI

dari dapurmasaknya Siswaty Elfin Bachtiar

Cerita di balik resep ini:

Biasa dijajakan para pengasong di beberapa titik persimpangan jalan besar di Kota Bogor, kue mochi berisi adonan kacang. Kue mochi ini dibuat tanpa pewarna dan tanpa pengawet, sehingga tidak dapat disimpan lama-lama, harus segera dimakan. Bahan tepung untuk pembalut biasanya menggunakan tepung sagu, tapi saya lebih cocok menggunakan maizena. Gampang kok cara bikinnya, sekali bikin pasti ketagihan,

Resep MOCI SUKABUMI

 Porsi: 10 orang

 Waktu Masak: 1 jam

 Bahan-Bahan

  • Tepung beras ketan200 gram
  • Tepung Beras15 gram
  • Gula pasir80 gram
  • Air250 ml
  • Mentega putih10 gram
  • Garam1/4 sendok teh
  • Vanili cair0.50 sendok teh
  • BAHAN PELENGKAP:gram
  • Tepung Maizena, Disangrai50 gram
  • BAHAN ISI:gram
  • Kacang Tanah, Disangrai, tumbuk kasar75 gram
  • Gula Pasir25 gram
  • Air2 sendok makan

 Langkah Masak

Langkah 1
Cara Memasak MOCI SUKABUMI

1. Campur bahan tepung
2. Campur gula, air dan garam, aduk rata
3. Campur gula, vanili dan air, masukkan ke campuran tepung, aduk sampai rata
4. Masukkan mentega putih, aduk sampai mentega putih hancur.
5. Tuang adonan ke dalam wadah tahan panas, kukus selama 10 menit. Setelah dikukus 10 menit, aduk2 sampai tercampur rata antara bahan yang sudah mengeras dan yang masih cair, aduk sampai rata kemudian kukus kembali selama 20 menit
6. Biarkan hangat.

Langkah 2
Cara Memasak MOCI SUKABUMI

BAHAN ISI:
1. Kacang disangrai sampai matang
2. Setelah matang, angkat dan dibuang kulitnya.
3. Setelah kulitnya terbuang lalu tumbuk kasar dan campurkan gula pasir, lalu masukkan air dan aduk rata.

Langkah 3
Cara Memasak MOCI SUKABUMI

1. Ambil 1 sendok makan adonan hangat, pipihkan, masukkan bahan isi lalu bulatkan.
2. Masukkan ke dalam tepung maizena yang sudah disangrai, guling2kan sampai tertutup tepung maizena.
3. Lakukan sampai adonan habis.
4. Kue moci buatan sendiri jadilah sudah...


 3 orang telah me-recook resep ini!

 Berikan komentarmu!

Anda harus Login untuk bertanya atau memberikan komentar

  • Lenny Marfuah
     
    komentar dari Lenny Marfuah , pada 22 January, 2014

    Bu, ini mochinya kira-kira bisa tahan buat berapa lama ya? Makasih smile

    • Siswaty Elfin Bachtiar
       
      komentar dari Siswaty Elfin Bachtiarpembuat resep, pada 24 January, 2014

      sama seperti kue basah biasa bu, gak tahan lama. kalau moci ini disimpan suhu ruang, bisa tahan 2 hari mbak. kecuali kalau masuk kulkas bisa tahan seminggu

  • Aldwin Susantio
     
    komentar dari Aldwin Susantio , pada 20 November, 2013

    kakak-kakak senior, saya mw nanya dong. ane buat mochi kenapa lengket banget ya jadi ga bisa masukin kacang ke dalemnya. apa karena cara kukus ane salah? (ane kukus langsung 40 menit) atau karena ane pake 100% tepung ketan ga campur tepung lain?

    • Siswaty Elfin Bachtiar
       
      komentar dari Siswaty Elfin Bachtiarpembuat resep, pada 21 November, 2013

      untuk resep moci memang resepnya gak bisa di rubah2, khususnya resep saya ini, pokoknya ikutin bahan dan cara membuatnya, dijamin gak gagal deh. oke aldwin, semangat terus. pokoknya kalau mau re cook resep usahakan yang lengkap dengan gambar step by step cara bikinnya.

  • Taufik Gunadi
     
    komentar dari Taufik Gunadi , pada 7 November, 2013

    enak......

  • Magdalena Ritonga
     
    komentar dari Magdalena Ritonga , pada 7 May, 2013

    resep dr ibu siswaty maknyuuss banget,...dua jempol buat ibu

    • Siswaty Elfin Bachtiar
       
      komentar dari Siswaty Elfin Bachtiarpembuat resep, pada 12 May, 2013

      Terima kasih magdalena, tapi gmn bisa ngasih jempol? Kan lom re cook?

    • Soegianto Widjaya
       
      komentar dari Soegianto Widjaya, pada 22 November, 2013

      sudah re-cook? kasih jempol? kasih love juga dunks grin

  • Avin Mutia
     
    komentar dari Avin Mutia , pada 3 May, 2013

    suka banged mocchii..
    pengen coba bikin
    n sebenernya aku hoby banged masak bu..
    tapi berhubung udah jadi anak kostan n ga punya kompor gag pernah lagi masak..
    hiks..

    • Siswaty Elfin Bachtiar
       
      komentar dari Siswaty Elfin Bachtiarpembuat resep, pada 3 May, 2013

      sabar aja, saya juga dulu anak kos..... jadi sekarang balas dendam, dah punya keluarga sendiri....bebaaaassss.....

 
Rekomendasi Resep