BOLU KUKUS UBI UNGU MEKAR

 12 orang   Waktu: 2 jam 40 menit
W1siziisijiwmtqvmdyvmdcvmtyvnduvmzcvmty2l2q0njg4mc5qcgcixsxbinailcjjb252zxj0iiwilwf1dg8tb3jpzw50il0swyjwiiwidgh1bwiilcizmjb4il1d?sha=1f066111
Simpan
resep ini
Mau menyimpan resep ini? Cookmark sekarang!

Terinspirasi dari resep ini?

Ask to create recipe

Cerita di balik resep ini

Pengolahannya agak beda dengan bolu kukus mekar biasa yang menggunakan SP ataupun air soda. Kali ini saya mencoba mengolah dengan menggunakan fermipan. Prosesnya memang agak lama, jadi dibutuhkan kesabaran ekstra.

Bahan-bahan

Fermipan1/2 sendok teh
Tepung Terigu400 gram
Gula pasir1 sendok teh
Air50 ml
Gula Pasir200 gram
Telur ayam1 butir
Santan100 ml
Garam1/4 sendok teh
Vanili1/2 sendok teh
Ubi ungu250 gram

Cara membuat

1
W1siziisijiwmtqvmdyvmdcvmtcvmjevntgvnzuvnmuxoguylmpwzyjdlfsiccisimnvbnzlcnqilcityxv0by1vcmllbnqixsxbinailcj0ahvtyiisije4mhgixv0?sha=527bbccf
Kukus ubi sampai empuk, lalu hancurkan/haluskan. Campur bahan biang dan diamkan 30 menit. Masak santan bersama daun pandan sampai mendidih, dinginkan. Siapkan tepung terigu, campurkan ke bahan biang, aduk rata.

2
W1siziisijiwmtqvmdyvmdcvmtcvmjivmdavotixlzm3nda3oc5qcgcixsxbinailcjjb252zxj0iiwilwf1dg8tb3jpzw50il0swyjwiiwidgh1bwiilcixodb4il1d?sha=504df481
Setelah tercampur rata, masukkan ubi halus, aduk rata dan diamkan selama 2 jam. Setelah 2 jam adonan akan mengembang. Aduk kembali adonan yang sudah mengembang.

3
W1siziisijiwmtqvmdyvmdcvmtcvmjivmdevmtg1l2rhnwfhny5qcgcixsxbinailcjjb252zxj0iiwilwf1dg8tb3jpzw50il0swyjwiiwidgh1bwiilcixodb4il1d?sha=71bd1652
Didihkan air. Masukkan adonan ke dalam cetakan bolu kukus yang sudah dilapisi cup kertas. Kukus selama 10 menit.

4
W1siziisijiwmtqvmdyvmdcvmtcvmjivmdmvndkxlzdinmexzs5qcgcixsxbinailcjjb252zxj0iiwilwf1dg8tb3jpzw50il0swyjwiiwidgh1bwiilcixodb4il1d?sha=50a2fe3d
Jadilah sudah bolu kukus ubi ungu mekar. Ciri berhasil, cup tidak ciut.

Ucapkan terima kasih dan ceritakan hasil masakanmu!

Ask to recook
Cici savakayuga
BalasCici Savakayuga Mbak , mau tnya . Cara membuat yg 1 itu kan ada siapkan tepung terigu , terigunya di campurkan ya ? Berarti tepung terigunya ada 400 gram ya ?
Siswaty elfin bachtiar
Siswaty Elfin Bachtiar iya mbak makasih koreksinya
Rita d'fahry
BalasRita D'Fahry cantik ya...ntar aku coba bikin lagi ah...
Imas eva nurviati
BalasImas Eva Nurviati pengennya yang ga pake terigu. tapi btepung beras. komposisinya?
Enni faizah
BalasEnni Faizah Cantik banget bolu kukusnya .. kapan2 aku cookmark ya mbak ... kalo ga malesss ... heheee
Farida yunus
BalasFarida Yunus Udah pasti mekar ya bu? pengen bikin bolu kukus tp takut kena kutukan 'bolkus mingkem'
Siswaty elfin bachtiar
BalasSiswaty Elfin Bachtiar terimakasih untuk yang sudah mengirimkan ubi ungu untukku.....
Inggried wedhaswary
Balasinggried wedhaswary mantapss banget deh, pengen coba tp kok deg2an liatnya ya bu...krn takut ga sabaran, hehehe...tp harus cobaa..btw bu, itu adonan biangnya setelah dicampur jadinya kalis ya?
Rini musriyah
BalasRini Musriyah pagi-pagi sudah ada yang merekah dari bu tatty....
CTA
CTA_event

Kategori resepLihat semua >

Lihat semua kategori