Ikan Goreng Saus Rempah (Thai)

 4 orang   30 menit
W1siziisijiwmtqvmdyvmdcvmtyvnduvmjqvnjuvndy4njqylmpwzyjdlfsiccisinrodw1iiiwimziwecjdxq?sha=4e52d4cf
Simpan
resep ini
Mau menyimpan resep ini? Cookmark sekarang!

Terinspirasi dari resep ini?

Ask to create recipe
W1siziisijiwmtqvmdyvmdcvmtqvmjmvmtqvnzu1lzk3zmixntvmowjjy2fkztu0ngjkywmynmfjzmiwzwi1lmpwzyjdlfsiccisinrodw1iiiwimjawediwmcmixv0?sha=1c5e5dd0
dari Dapurnya

Cerita di balik resep ini

Wanginya serai, daun jeruk dan bawang sangat cocok dengan saus asam manis pedas dan manisnya daging ikan.
Gampang dan enak, ngga kalah sama masakan di restoran Thailand.
(resep disadur dari buku "Santapan hari ini Masakan Thailand" dan disesuaikan dengan lidah penghuni rumah kami)


Bahan-bahan

Ikan Kakap/Sea bream1 ekor
Terigu (untuk melumuri ikan) secukupnya
Serai4 batang
Bawang merah7 siung
Daun jeruk5 lembar
Bawang daun2 batang
Saus secukupnya
Nampla (kecap ikan)90 cc
Perasan lemon : orange120 cc
Gula1 sendok makan
Cabe rawit secukupnya
Daun ketumbar secukupnya

Cara membuat

1
Lumuri ikan dengan garam, diamkan 15 menit. Balur ikan dengan tepung, goreng kering

2
Iris tipis : serai, daun jeruk, bawang merah, bawang daun. Campur semuanya.

3
Campurkan bahan saus : nampla (kecap ikan), gula, perasan jeruk dan orange, irisan cabe rawit

4
Taburkan rajangan rempah, daun ketumbar dan tuang saus di atas ikan


Bahan-bahan

Ikan Kakap/Sea bream1 ekor
Terigu (untuk melumuri ikan) secukupnya
Serai4 batang
Bawang merah7 siung
Daun jeruk5 lembar
Bawang daun2 batang
Saus secukupnya
Nampla (kecap ikan)90 cc
Perasan lemon : orange120 cc
Gula1 sendok makan
Cabe rawit secukupnya
Daun ketumbar secukupnya

Cara membuat

1
Lumuri ikan dengan garam, diamkan 15 menit. Balur ikan dengan tepung, goreng kering

2
Iris tipis : serai, daun jeruk, bawang merah, bawang daun. Campur semuanya.

3
Campurkan bahan saus : nampla (kecap ikan), gula, perasan jeruk dan orange, irisan cabe rawit

4
Taburkan rajangan rempah, daun ketumbar dan tuang saus di atas ikan

Terinspirasi dari resep ini?Buat variasi resepmu sendiri

Ratna dyanti annisa
BalasRatna Dyanti Annisa

waaah mau coba aah.. nanti aku upload hasil recook nya ya mbak..

Diwyacitta dirottsaha
BalasDiwyacitta Dirottsaha

Wah, mlekok banget rempahnya pasti seger. Mantap :)

Fun cooking
BalasFun Cooking

wah ini enak banget, pengen coba juga aah. Kalo di jepang pake ikan apa ya ?

Soetrisno misawa
Soetrisno Misawa

Kayaknya ikan macam gini bagusnya ikan2 daging putih, yang paling cocok yah ikan kakap , sea bream atau 鯛 (Tai). Cuma beda bahasa, ikannya sih sama aja .. ada kakap merah atau kakap hitam. Kalau di Indo kayaknya lebih banyak kakap hitam yah

Fun cooking
Fun Cooking

Tai ya.. betul juga ikan yg dagingnya putih cocok ya. Tar coba aah. Thanks Trisno !!!

Melia
Melia

iya, paling cocok Tai. Kalo ngga ada bisa pakai Tara^^

Dewi khoirinisa
BalasDewi Khoirinisa

besok mo bikin ini aja ahhhh

Melia
Melia

Mba Dewi: silakan. gampang banget cuma iris-iris dan goreng ikan doang

Soegianto widjaya
BalasSoegianto Widjaya

lapar tengah malam, siapa yang mau tanggung jawab!!, print langsung kasih istri.... thamks ya

Melia
Melia

ayo dicoba mas, bahannya dan cara buatnya gampang banget^^

Hes hidayat
BalasHes Hidayat

Waah, sedaap! Mau bikin ah kalau suami pulang tugas minggu depan ;)

Melia
Melia

silakan dibuat mba hes^^, gampang banget^^

Kategori resepLihat semua >

Lihat semua kategori