SATE LELE

 2 orang   Waktu: 40 menit
W1siziisijiwmtqvmdyvmdcvmtyvndcvndavnjg1lzm1ndc2zc5qcgcixsxbinailcjjb252zxj0iiwilwf1dg8tb3jpzw50il0swyjwiiwidgh1bwiilcizmjb4il1d?sha=5b5902da
Simpan
resep ini
Mau menyimpan resep ini? Cookmark sekarang!

Terinspirasi dari resep ini?

Ask to create recipe
W1siziisijiwmtqvmdyvmdcvmtuvmtgvmtivni8xyzy2zgiuanbnil0swyjwiiwiy29udmvydcisii1hdxrvlw9yawvudcjdlfsiccisinrodw1iiiwimjawediwmcmixv0?sha=9cd220cf
dari Dapurnya

Cerita di balik resep ini

Masakan ini bumbunya sama dengan lele bakar, cuma di resep ini saya bikin versi satenya. Ternyata dengan cara ikan lelelnya dipotong-potong, bumbunya jadi lebih cepat meresap masuk kedalam dagingnya. Jadi ga perlu menunggu terlalu lama saat mau memanggangnya.

Bahan-bahan

Lele500 gram
Bawang Merah6 butir
Bawang Putih1 siung
Ketumbar1 sendok teh
Garam secukupnya
Air jeruk nipis1 sendok makan
Gula Merah secukupnya
Kecap Manis secukupnya
Cabai Rawit3 buah
Timun secukupnya
Kol / Kubis Bunga secukupnya
Tomat secukupnya
Margarin2 sendok makan
Air5 sendok makan
Tusuk sate6 batang

Cara membuat

1
Bersihkan ikan lele, lalu potong-potong bulat dg panjang 3 cm.

2
Haluskan 4 butir bawang merah, 1 siung bawang putih, 1st ketumbar, gula jawa dan garam. Tambahkan air, air jeruk nipis dan 5 sendok makan kecap manis. Aduk rata.

3
Bumbui ikan lele yang sudah dipotong-potong dengan bumbu halus tersebut. Diamkan sekitar 15 menit (hingga bumbu meresap)

4
Setelah bumbu meresap tusuk daging ikan lele dengan tusuk sate. Bakar di atas bara arang hingga matang. Saat membakar olesi dengan margarin yang di campur dengan kecap manis.

5
Sajikan denganl alapan ketimun, tomat dan kol. Taburi atasnya dengan irisan bawang merah, irisan cabe rawit merah, dan tuang kecap manis. Taraaaaa ... siap disantap dengan sepiring nasi hangat dech ...

Ucapkan terima kasih dan ceritakan hasil masakanmu!

Ask to recook
Lailatul firdaus
BalasLailatul Firdaus wahh yummy banget dan unik. sebelumnya maaf,saya mau tanya,, kalau mengiris daging lelenya untuk menjadi kotak menurut saya agak susah, lagian bentuknya juga semakin pipih, nah itu bagaimana caranya? apakah dagingnya perlu di campur jadi satu lalu di bentuk kotak2?? mohon bantuan saranya yaa,,,,, terimakasih sebelumnya atas informasi yang menarik ini.
Hanif dyah
BalasHanif Dyah Oh..lelenya dipotong2..jadi bumbunya lebih meresap ya...mantap..:)
Rainbow plate
BalasRainbow Plate waaaahh uniik mba...nyummmm :D
CTA
CTA_event

Kategori resepLihat semua >

Lihat semua kategori