semur jengkol anti bau

 3 orang   Waktu: 20 menit
W1siziisijiwmtqvmdyvmdcvmtyvndkvntyvnda4lzawmwqzzc5qcgcixsxbinailcjjb252zxj0iiwilwf1dg8tb3jpzw50il0swyjwiiwidgh1bwiilcizmjb4il1d?sha=9d9a0844
Simpan
resep ini
Mau menyimpan resep ini? Cookmark sekarang!

Terinspirasi dari resep ini?

Ask to create recipe
W1siziisijiwmtqvmdyvmtuvmtmvmjyvntyvnjy0lzg4y2q0mzy5mgzlzdhhmzrkmdi4lmpwzyjdlfsiccisimnvbnzlcnqilcityxv0by1vcmllbnqixsxbinailcj0ahvtyiisijiwmhgymdajil1d?sha=ea1daed1
dari Dapurnya

Cerita di balik resep ini

menu ini termasuk yang sering saya masak, kalo yang berkaitan dengan "jengkol-jengkolan" :D yang saya unggah, foto yang dijepret 2011 lalu. sayang, waktu itu saya lagi kena penyakit males memotret step2nya :) >>> http://dapurduaistri.blogspot.com/2011/04/semur-jengkol-antibau.html

Bahan-bahan

Jengkol500 gram
Bawang Putih5 siung
Bawang Merah3 siung
Kemiri6 buah
Cengkeh5 butir
Pala1 buah
Lada (Merica)secukupnya
Gula Jawasecukupnya
Garamsecukupnya
Kecap Manissecukupnya

Cara membuat

1
W1siziisijiwmtqvmdyvmdcvmtcvmzmvmzmvodg3lzg0m2rkmc5qcgcixsxbinailcjjb252zxj0iiwilwf1dg8tb3jpzw50il0swyjwiiwidgh1bwiilcixodb4il1d?sha=556b7a16
cara masaknya sama kayak bikin semur biasa: tumis bumbu halusnya (bawang putih+bawang merah+kemiri) dengan minyak goreng secukupnya.

2
masukkan jengkol yang sudah direbus. tambahkan cengkeh, kayu manis, pala, beri air secukupnya.

3
masukkan gula jawa, lada, dan garam. icipi dengan rasa sesuai selera :) tunggu sampai agak meresap!!

4
TIPS antibau: Saya biasa memasaknya dengan daun jeruk dan air rebusannya diganti 3 kali selama proses perebusan Ibu saya, biasa merebusnya dengan arang hitam. Kadang, merebusnya dengan daun jambu biji Habis makan jengkol, bisa menetralisir bau dengan makan timun, hehehe silakan pilih, mau pilih tips antibau yang mana :D

Susan ucan rachelrachman kusumah
BalasSusan Ucan Rachelrachman Kusumah Kalo ga pake, kayu manis, pala sama cengkeh. Gmn? Apa ngaruh ke rasa??
Putri nabila
BalasPutri Nabila Kaya nya enak y msak jengkol kebrtulan dh lama bnget g mkn jengkol
Dewi hastuti
BalasDewi hastuti kbtlan hari raya ini,saya mau bkin semur jengkol kynya sih enak sama lontong.lain drpd yg lain.
Ida purwantie ardian
BalasIda Purwantie Ardian ga banyak komentar deh pokoke ajib dah klau jengkol hehehehe
Tyaseta rabita nugraeni sardjono
BalasTyaseta Rabita Nugraeni Sardjono oh ngilangin bau jengkol pakai arang itam, kalau pete bisa hilang ngga? asyik nih, kapan-kapan masak aaahh heeh
Hes hidayat
BalasHes Hidayat Aaah tipsnya mantap deh. Trims ya. Kalau tips dari suamiku adalah kalau masak jengkol pas wiken aja :p Hehehe
Foto Cover
Lihat Dapurnya inggried wedhaswary
Masakan Homemade
CTA

Kategori resepLihat semua >

Lihat semua kategori